Tempat Wisata di Lembang Rekomendasi Untuk Keluarga

Jika kita berbicara tempat wisata di Bandung sangat banyak sekali tentunya, kali ini saya akan bahas khusus tempat wisata di Lembang. Bahasan kali ini khusus hanya di Lembang karena di lembang juga ada beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi. Berdasarkan hasil survey di Lembang ada 4 tempat wisata yang menjadi primadona para wisatawan. Di Lembang terdapat wisata Alam dan wisata pendidikan. Pendukung Lembang menjadi tempat wisata primadona karena di Lembang memiliki udara yang dingin dan segar,  karena Lembang merupakan dataran tinggi. Bagi Anda yang ingin berwisata ke daerah Lembang apalagi ada rencana menginap, jangan lupa bawa jaket ya. Berikut ini 4 tempat wisata di Lembang yang direkomendasikan untuk Anda dan Keluarga.

Tempat Wisata di Lembang 1 - Gunung Tangkuban Perahu

tempat wisata di lembang

Disebut tangkuban perahu karena bentuk gunung memang seperti perahu “nangkub” yang artinya perahu terbalik. Awalnya adalah sebuah gunung yang besar yang mengalami erupsi atau ledakan yang dahsyat dan akhirnya membentuk kawah yang sangat besar. Gunung Tangkuban perahu adalah gunung yang masih aktif akan tetapi meskipun begitu Gunung ini tetap dijadikan tempat wisata karena sudah disediakan pengaman dan pendeteksi keaktifan gunung. Jika gunung mengeluarkan tanda-tanda erupsi maka kawasan wisata ditutup sementara waktu sampai kondisinya benar-benar aman.

Kawasan kawah yang besar memberikan pemandangan yang sangat menarik berupa panorama alam bandung dan panorama kawah bekas letusan gunung. Kita berjalan jalan di sekitar lereng kawah dan menikmati suasana dingin dan berasap karena gunung masih mengeluarkan asap. Jika pagi hari suhu udara sangat dingin, maka bagi Anda yang cukup sensitif dengan dingin sebaiknya membawa jaket yang tebal. Tempat ini sangat cocok untuk sesi berfoto dengan background pemandangan yang menawan. Oiya jika ingin preweding disinipun itu sangat direkomendasikan. Di daerah wiasata ini juga terdapat aneka jajanan dan penjual aneka oleh oleh cendera mata.

Tempat Wisata di Lembang 2 – Maribaya

tempat wisata di lembang

Tempat wisata di lembang berikutnya adalah Maribaya yang jaraknya kurang lebih 15 Km dari Kota Bandung ke arah utara. Maribaya adalah obyek wisata alam air panas yang biasanya banyak dikunjungi oleh para wisatawan di hari-hari libur. Tempat wisata ini terkenal juga dengan air terjun yang disebut curug maribaya air terjun ini merupakan air panas yang bersumber dari dalam perut bumi. Di kawasan wisata ini juga sudah disediakan kolam renang air panas dan pemandian air panas. Hawa di kawasan ini termasuk dingin karena masih daerah dataran tinggi. Suasana dingin ini akan lebih mantap jika setelah berendam atau berenang di air panda langsung memakan jagung bakar atau ketan bakar, dijamin maknyuss..

Tempat Wisata di Lembang 3 - Observatorium Bosscha

tempat wisata di lembang

Observatorium Bosscha adalah tempat untuk melihat angkasa dengan menggunakan teropong bintang atau teloskop. Jika Anda ingin mengunjungi Bosscha jangan berfikir bahwa di sana terdapat pamandangan yang indah seperti wisata alam, karena yang bisa dilihat disana adalah bangunan-bangunan tua peninggalan Belanda. Begitupun sarana yang dan prasaranan seperti kamar mandi dan tempat jajan minim sekali. Bosscha adalah tempat wisata untuk pendidikan yang membuka cakrawala kita tentang luar Angkasa. Di Bosscha ada beberapa jenis teleskop yaitu ; Teleskop Schdmit Bima Sakti untuk mengetahui dan mempelajari struktur galaksi Bima Sakti, Teleskop Zeiss untuk mengamati kawah bulan Planet Mars, Saturnus, dan Jupiter, Teleskop Cassegrain Goto untuk pengamatan spektrum bintang, Teleskop Refraktor Bamberg untuk mengukur terang bintang,  dan Teleskop Refraktor Unitron untuk pemotretan bintik matahari.

Bosscha tidak bisa dikunjungi setiap hari, oleh karena itu untuk berkunjung kesini dengan sistem booking yaitu Anda harus memesan tiket terlebih dahulu dengan menghubungi observatorium di nomor 022-2786001 atau via email ke kunjungan@as.itb.ac.id. Ada dua jam kunjungan yaitu kunjungan siang dan kunjungan malam. Kunjungan siang dari jam 09.00-13.00 dan kunjungan malam jam 17.00-20.00. Lebih baik jika ingin melihat luar angkasa pada kunjungan malam.

Tempat Wisata di Lembang 4 - D’Ranch

tempat rekreasi di bandung

Satu lagi tempat wisata di Lembang yang tidak kalah menariknya adalah d’Ranch. Ini merupakan tempat wisata keluarga dengan menyajikan tema peternakan ala Amerika yang ciri khasnya adalah koboi. Nuansa petrernakan ala amerika akan dirasakan dalam berbagai fasilitas yang ada di sana. Pengunjung bisa berperan sebagai seorang koboi yang mengawasi peternakan dengan atribut koboi yang lengkap mulai dari topi hingga sepatu. D ranch memiliki konsep food, leisure and education, artinya mengedepankan wisata untuk makanan, waktu luang dan pendidikan. Di sana terdapat berbagai jenis makanan mulai dari makanan gaya amerika sampai makanan tradisional khas bandung. Selain itu terdapat berbagai wahana permainan yang sangat cocok untuk keluarga atau anak-anak Anda. Beberapa wahana yang ada di sana diantaranya: berkuda, flying fox, gerobak domba, kereta powpow, trampoline, balon air, fun boat, motor baterai, sepeda track, speda anak, kolam pancing, ATV, delman dan lain-lain.

Nah itulah beberapa informasi tentang tempat wisata di Lembang. Silahkan Anda menikmati tempat-tempat tersebut bersama Keluarga Tercinta. Semoga bermanfaat